RSS

Zul-Marissa: “Kalau Pemilu Jujur, Insya Allah Kami Menang”

20 Jan

Pasangan Zulkieflimansyah dan Marissa Haque yang diusung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Syarikat Islam menyatakan keyakinan mereka memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) Banten. “Kalau Pemilu jujur, tak ada kecurangan, tak ada penggelembungan suara, Insya Allah, kami menang,” kata Zulkieflimansyah dalam percakapan dengan Kompas di lobi sebuah hotel di Serang.

Zul-Marissa menargetkan meraih 60 persen suara pemilih di Banten. Di samping yakin dengan soliditas PKS, Zul yakin popularitas Marissa akan membuat pemilih di pelosok Banten memilih artis berparas ayu itu. “Lima puluh persen massa akar rumput PDI Perjuangan di Banten ada di belakang Marissa,” kata Zul. Selain itu momentum bulan Ramadhan, akan dimanfaatkan optimal oleh PKS.

Berikut petikan wawancara eksklusif Kompas dengan Dr Zulkieflimansyah (34).

Jika terpilih kelak, apa rencana Anda memajukan Banten?

Ya, Banten ini begitu dekat dengan Ibu Kota Negara, Jakarta. Tapi disparitas begitu lebar. Kami melihat Banten sangat tertinggal, menyaksikan masyarakat yang tidak diurus. Di desa-desa, kita berhadapan dengan mata-mata tanpa harapan. Mudah-mudahan kehadiran kami memberi cahaya di ujung terowongan yang gelap.

Anda diusung PKS, partai yang dinilai bersih. Apa rencana Anda untuk menciptakan pemerintahan yang bersih di Banten, jika terpilih nanti?

Monopoli proyek harus dihapuskan. Diskresi, keistimewaan harus ditiadakan. Akuntabilitas harus dilakukan. Sebab korupsi adalah masalah besar di Banten. Monopoli ditambah diskresi minus akuntabilitas sama dengan korupsi. Inilah yang akan dilakukan. Tapi ini tak boleh menakutkan orang. Ini harus membawa suasana tenang, membawa lembaran baru. Tidak mentang-mentang pemerintahan baru, lalu merusak sistem. Pengalaman di negara berkembang, kalau kita terlalu keras, menekan sistem, itu akan berbalik lebih dahsyat ke arah kita.

Jadi nanti kami akan menenangkan suasana. Tidak serta merta membuat perubahan sehingga membuat orang tidak nyaman. Bagaimanapun reformasi birokrasi harus dilakukan bertahap. Yang utama, memberikan keteladanan. Mempraktikkan apa yang selalu dikhotbahkan selama ini.

Jika terpilih, apa prioritas Anda membangun Banten?

Kesejahteraan rakyat Banten harus ditingkatkan. Standar kehidupan masyarakat harus lebih baik. Sebab produktivitas masyarakat sangat rendah. Karena itu akses pendidikan harus semudah mungkin, kalau perlu gratis. Tapi itu hampir mustahil karena butuh biaya sangat besar. Selain itu, pelayanan kesehatan harus makin baik, murah dan kalau bisa gratis.

Kami ingin menciptakan lapangan kerja. Di Banten, di mana-mana dibangun pabrik tapi banyak warga sekitar pabrik menganggur. Kami akan ciptakan Banten lingkungan yang nyaman bagi investor, karena investorlah yang menghidupkan perekonomian di Banten. Tantangan yang tak kalah pentingnya adalah memberdayakan pesantren di Banten. Jumlah pesantren di Banten, terbanyak di dunia. Jumlah yang terdaftar 2.000-an. Mesti ada kerendahan hati dari pemimpin untuk berdialog dengan pemuka agama. Jadi paradigma yang mendasar adalah bukan lagi dilayani tetapi melayani dengan kerendahan hati.

Mengapa Anda begitu yakin unggul dalam Pilkada Banten?

Kami optimistis. Pertama, pertumbuhan kader PKS terhitung terlacak baik. Di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Pandeglang, dan Serang, jumlah kader PKS tumbuh dengan baik. Kedua, ini ditambah lagi dengan popularitas Marissa Haque. Kami juga diuntungkan dengan momentum bulan Ramadhan. PKS akan mengoptimalkan bulan Ramadhan. Ada tarawih, ada buka puasa bersama. Banten kan dekat dengan Jakarta. Tokoh-tokoh PKS diminta ceramah Ramadhan, dan itu mudah sekali. Tifatul Sembiring, Hidayat Nur Wahid, menteri-menteri dari PKS. One hour is not far away-lah.

Mudah-mudahan ini memberi inspirasi untuk daerah-daerah lain bahwa dengan keterbatasan dana, dengan keterbatasan sumber daya, kalau ada niat yang baik, ketulusan berbuat perubahan, Insya Allah kami menang. Mudah-mudahan kami bisa buktikan dengan ketokohan orang, niat yang baik, kepribadian yang bersih, kami bisa menang, tanpa jor-joran dengan uang. Kalau pemilu jujur, tidak curang, tak ada penggelembungan suara, Insya Allah kami menang.

Figur Marissa ikut memberi kontribusi?

Kami sering ke desa-desa. Ternyata simpati pada kami, pada Icha (panggilan untuk Marissa-red) luar biasa. Ini sangat fenomenal. Dan membuat kerjaan kami lebih ringan. Icha ini bagi rakyat pedesaan seperti bidadari dari langit. Apapun yang diucapkan Icha, itu buah manis. Kalau orang lain berupaya agar massa berkumpul dalam jumlah banyak, dan itu perlu duit, Marissa sangat mudah melakukannya.Massa datang hanya ingin melihat idola mereka. Mereka tak butuh visi, misi, platform. Mereka hanya ingin hadir, mencium tangan dan berfoto bersama. Jangan lupa, akar rumput PDIP di belakang Icha. Jadi soliditas PKS dan popularitas Marissa menyatu, tampaknya aura kemenangan agak terasa.

Bagaimana Anda menilai kandidat lain?

Secara personal, saya kenal baik kandidat lain. Kami ingatkan masyarakat bahwa kompetitor adalah saudara. Kami siap menang tapi juga siap kalah. Ini proses demokrasi. Ini game. Jangan masyarakat diadu domba dan dipaksa memilih salah satu kandidat. Pilkada ini setidaknya memberi tahu masyarakat bahwa para kandidat adalah orang-orang yang berjiwa besar, tidak mendiskreditkan orang lain, atau membunuh karakter. Saya tidak melihat mereka sebagai lawan, tapi juga berupaya membuat Banten maju dan rakyatnya sejahtera.

Apa makna kehadiran PKS dalam Pilkada ini?

PKS hadir di Banten ingin mengedukasi orang Islam tentang Islam. Bahwa Islam tidak identik dengan kemiskinan dan kebodohan. Sebab jika itu dibiarkan, akan muncul radikalisme. Kita ingin bisa memaknai toleransi dengan pengertian yang benar.Dengan pendidikan yang baik, orang memaknai perbedaan sebagai bentuk kekayaan. Dengan pendidikan yang baiklah, orang memaknai perbedaan keyakinan sebagai bentuk cara kita belajar untuk saling menghargai. (R Adhi Kusumaputra)

 
Leave a comment

Posted by on January 20, 2007 in Bantenku Sayang

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: