RSS

Devisit Banten Rp17 miliar

27 Jan

SERANG – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten tahun 2006 mengalami devisit kurang lebih sebesar Rp17 miliar. Devisit itu disebabkan karena target pendapatan yang direncanakan tidak tercapai.

Demikian dikatakan Anggota Panitia Anggaran Legislatif (PAL) Burhan, sehari setelah melakukan rapat pembahasan anggaran dengan Panitia Anggaran Eksekutif (PAE) di Serang.

“Target anggaran tidak tercapai, karena ada beberapa hal yang dirasionalisasikan,” ujar Anggota Dewan dari Fraksi Amanat Nasional itu,” ujarnya.

Sehingga menurutnya ada beberapa item kegiatan yang harus ditunda untuk menutup devisit. “Ada empat langkah solusi untuk menutup devisit yang ditawarkan eksekutif kepada kita,” ujarnya.

Keempat langkah solusi itu adalah pengurangan dana Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banten untuk Pemilihan Gubernur Banten (Pilgub) sebesar Rp. 10 milyar, sehingga dana Pilgub yang semula Rp. 80 milyar menjadi Rp. 70 milyar.

Selanjutnya dana Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten dikurangi sebesar Rp. 4 milyar dari Rp. 18 milyar, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Banten dipotong Rp. 2,9 milyar dan terakhir anggaran untuk Banten Expo pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banten sebesar Rp. 878 juta.

“Sehingga jumlah semuanya mencapai Rp. 17 milyar, jumlah hasil pemotongan itu untuk mengatasi devisit yang terjadi,” katanya.

Namun menurut Anggota Komisi I ini, usulan itu belum disepakati, karena belum disampaikan resmi kepada DPRD Banten. Harus ada nota kesepahaman lagi antara eksekutif dengan legislatif.

“Dalam hal ini baik pimpinan dewan maupun pimpinan PAL tidak bisa langsung begitu saja menandatangani nota kesepahaman itu, sebab terlebih dahulu harus dilakukan pembahasan di internal dewan,” katanya.

Sehingga menurutnya, rapat yang dilakukan bersama PAE kemarin tidak sampai menghasilkan sebuah keputusan bersama antara eksekutif dengan legislatif.

“Rapat ditunda terlebih dahulu sampai ada pembahasan dewan, dan dewan akan membahas itu setelah nota kita terima dalam rapat paripurna,” ujarnya.

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2007 in Warga Banten

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: