RSS

Pembentukan Kabupaten Cilangkahan Disepakati

23 Aug

Cilangkahan Info. DPRD Banten mendukung dan menyetujui ditetapkannya pembentukan Kabupaten Cilangkahan pemekaran dari Kabupaten Lebak.
Keputusan DPRD Banten ini akan segera ditindaklanjuti Gubernur Banten dengan mengirimkan rekomendasi persetujuan tersebut ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sekretaris Panitia Khsusus (Pansus) Cilangkahan DPRD Banten HM Urip Saman dalam laporannya pada Rapat Paripurna DPRD Banten menyimpulkan, pembentukan Kabupaten Cilangkahan sudah menjadi keputusan DPRD Banten. ”Hasil kajian pansus, Kabupaten Cilangkahan layak untuk dibentuk,” kata Urip, kemarin.

Dengan adanya penetapan itu, Urip melanjutkan, perlu ada pemberian bantuan biaya untuk penyelenggaraan pemerintahan calon Kabupaten Cilangkahan untuk jangka waktu dua tahun berturutturut sebesar Rp7,5 miliar per tahun.

Selain dana penyelenggaraan pemerintahan, Pemprov Banten juga harus memberikan dukungan dana dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah perdana di Kabupaten Cilangkahan Rp7,5 miliar.

Nantinya Kabupaten Cilangkahan terdiri dari 10 kecamatan, yakni Banjarsari, Bayah, Cibeber, Cihara, Cigemblong, Cijaku, Cilograng, Malingping, Panggarangan, dan Wanasalam. Sedangkan ibu kota Kabupaten Cilangkahan ditetapkan di Malingping.”Pemprov Banten juga harus menyetujui pelepasan aset provinsi yang berupa perkantoran, aset tanah dan bangunan,” ungkapnya.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menyatakan, surat keputusan DPRD Banten tentang pembentukan Kabupaten Cilangkahan ini akan segera ditindaklanjuti dengan surat persetujuan Gubernur Banten.

”Setelah surat keputusan DPRD Banten saya diterima, akan segera membuat surat rekomendasi untuk dikirim ke Mendagri,” kata Atut usai rapat paripurna. (teguh mahardika)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: