RSS

Jalan Rusak Parah-25 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan

06 May

jalan rusak parahSudah 25 tahun jalan Cigelam (Kecamatan Ciruas) hingga Kampung Kemayungan (Kecamatan Pontang) tak tersentuh pembangunan. Akibatnya jalan sepanjang sekitar tiga kilometer tersebut kondisinya rusak parah. Padahal jalan tersebut merupakan akses utama bagi para petani untuk mengangkut hasil pertanian.
“Terakhir jalan ini dibangun pada 1985,” terang Madsupi, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cigelam, Rabu (4/5).
Di sepanjang jalan tersebut terdapat 329 hektare lahan pertanian produktif. Saat panen yang bertepatan dengan musim hujan, petani tak bisa langsung membawa hasil panen mereka karena sulitnya transportasi. “Kalau musim hujan, gabah hasil panen biasanya disimpan dulu di sawah sampai jalan kering dan bisa dilalui mobil. Tapi kalau sudah sampai tiga hari lebih, terpaksa petani sewa tukang ojek untuk mengangkut gabah. Kalau kelamaan di sawah, gabah hasil panen malah jadi cukul (tumbuh menjadi bibit-red),” terangnya seraya menyebutkan ongkos ojek untuk mengangkut hasil pertanian sebesar Rp 15 ribu per kuintal untuk jarak 1 kilometer.

Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Ciruas ini berharap Pemkab Serang memberikan perhatian untuk memperbaiki jalan tersebut. “Minimal pengerasan,” harapnya.
Abdul Muhyi, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Serang, mengaku sudah meninjau kondisi Jalan Cigelam – Kemayungan. “Kondisinya memang memprihatinkan. Kondisinya tinggal tanah doang sehingga sulit dilalui kalau musim hujan,” ujarnya.
Politisi PKS ini mendorong Pemkab memberikan perhatian terhadap perbaikan ruas jalan ini. “Selain sebagai akses utama pertanian, Kecamatan Ciruas juga sebagai lokasi bakal Puspemkab yang infrastruktur jalannya harus diperbaiki,” ujarnya.
Hatib Nawawi, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Serang saat dihubungi lewat telepon mengaku akan segera meninjau lokasi jalan tersebut. Dikatakan, tahun ini tidak ada alokasi anggaran untuk perbaikan ruas Jalan Cigelam – Kemayungan. “Semoga saja pada perubahan anggaran atau tahun depan bisa dialokasikan,” ungkapnya. (fau) [radarbanten]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: