RSS

Penggundulan Hutan Saketi malingping

26 May

Jalur Malingping1Hampir setiap bulan saya pulang ke malingping kampung halaman tercinta. Dan jalur yang saya lalui selalu berbeda-beda. Kadang saya lewat Jalur Saketi-Malingping tetapi sering kali lewat Jalur Gunung Kencana Malingping. Kenapa saya selalu lewat jalan berlainan, mungkin kawan-kawan bisa menebaknya. Alasan Utama adalah Kondisi Jalan. Dan selama bertahun-tahun pula jalur saketi-malingping maupun jalur gunung kencana – malingping tidak pernah ada bagus2nya. Selalu rusak dan akan bertambah parah jika di musim penghujan. Jalan akan menjadi kubangan sepanjang jalan.

Namun ada hal lain yang menarik perhatian saya selama ini, yaitu masalah pengundulan hutan dan penebangan hutan di sekitar Hutan Gunung Kencana dan Saketi.

Jalur Saketi Hutan GundulPadahal kita semua tahu akan akibat dari pada penggundulan hutan dan penebangan hutan secara liar. Akibatnya sangatlah fatal dan bahkan akan dirasakan dampaknya saat itu juga bahkan akan berlanjut selama bertahun-tahun. Akibat yang ditimbulkan adalah bajir dan longsor dimana-mana. Hampir setiap mudim penghujan kita pasti mendengar wilayah Terendam Banjir dan Tanah Longsor.. Ulah siapa? siapa yang harus disalahkan.? Semua adalah akibat dari ulah manusia sendiri yang menebang pohon secara membabi buta demi keuntungan pribadi tanpa memikirkan akibat yang akan di timbulkan. Dan jika musim kemarau, pastinya akan kekeringan dan kekurangan air bersih sebab sumber air sudah kering disebabkan oleh hutan yang gundul.

Jalur Saketi Hutan Gundul2Bahkan kalau anda tinggal di daerah malingping, setiap hujan pasti akan terjadi banjir air dari gunung yang berwarna coklat karena membawa tanah hutan. bagi yang tinggal disekitar Alun-alun malingping, perhatikan jika musim pernghujan pasti banjir akan melanda bahkn sampai ke jalanan. Dan lihat pula jalur Gunung Kencana – Hampir sepanjang jalan kini sering kali kita temua tebing dan hutan yang sudah mulai Longsor….

Jalur Saketi Hutan Gundul1Banten Sukses Tanam Pohon, Penanaman Pohon di banten melampoi target..? Program Rumah Hijau, Go Green adalah tidak asik terdengar di telinga, karena program tersebut sedang gencar2nya dan sedang di galakan oleh pemerintah.

Namun jika penggundulan hutan dan penabangan hutan terus dan terus dilakukan, niscaya daerah Saketi dan Gunung kencana yang dulu terkenal berhawa sejuk karena banyak pohon, niscaya tahun depan akan terkenal dengan bencana Longsor dan kekeringan.

Jalur Saketi Hutan Gundul4Kini Mulai dari kita sendiri, Keluarga dan lingkungan kita, mari bersama-sama lebih memperhatikan alam sekitar. Penanaman Pohon Sekarang efek yang dihasilkan adalah 5 sampai dengan 10 tahun kedepan, karena apa? sebeb pertumbuhan pohon akan lambat berarti untuk memulihkan hutan yang gundul perlu dan membutuhkan waktu selama bertahun-tahun, namun kenapa kita musti merusaknya..?

***Foto Kayu Gelondongan yang berserakan senpanjang Jalan jalur Saketi malingping yang sudah berlagsung bertahun2 lamanya****

Salam dan sukses selalu buat Banten khususnya Malingping…

mari Bersama-sama menjaga lingkungan kita, diawali dari diri kita sendiri..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: