RSS

Aksi Pembibitan dan Penanaman Pohon

19 Nov

Aksi GANTI Bibit PohonGerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI) PW DKI Jakarta melakukan pembibitan Pohon dan melakukan Penanaman Pohon dilahan-lahan Tidur dan Hutan Gundul bersama Organisasi Kemasyarakat di wilayah Setempat. Aksi Sosial Gerakan nelayan tani Indonesia PW DKI jakarta yang di ketuai Oleh H. Sutrino melakukan kegiatan ini disebabkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi bencana yang sangat tinggi. Berbagai potensi tersebut antara lain adalah banjir, tanah longsor terutama di musim penghujan seperti saat ini. Banjir dan kekeringan merupakan fenomena rutin yang dihadapi di beberapa daerah dengan kerugian yang tidak kecil. Frekuensi kejadian bencana banjir, longsor, dan kekeringan selain karena kerusakan lingkungan, juga dipicu dengan fenomena perubahan iklim.

Menurut Ketua GANTI PW DKI jakarta H. Sutrisno: “Tujuan Dari aksi pembibitan dan Penanaman Pohon ini adalah turut andil dalam Program Penanaman Satu Milyar Pohon. Program Penanaman Satu Milyar Pohon Tahun 2012 merupakan kelanjutan program nasional penanaman pohon yang telah dimulai sejak tahun 2010 dan Mengacu pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup; juga Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.16/Menhut-II/2012 tentang Panduan Penanaman Satu Milyar Pohon Tahun 2012” tukasnya.

Ketua PW GANTI DKI H.Sutrisno

Ketua PW GANTI DKI H.Sutrisno

Kadang-kadang lahan begitu rusak hingga nampaknya tidakdapat diperbaiki kembali menjadi lahan yang subur. Di tempat-tempat di mana lahan telah berubah menjadi gurun, atau kandungan bahan kimia di dalam tanah telah membuat tidak mungkin ditanami, tanah akan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk pulih kembali. Tapi di banyak tempat, dengan usaha yang seksama dan memahami cara bumi memperbaiki diri, kita dapat membantu memulihkan kondisi lahan. Tak ada orang yang dapat memaksa lahan untuk menjadi produktif. Bahkan pupuk kimia hanya berfungsi beberapa saat sebelum tanah menjadi tidak produktif lagi. Namun bila kita memperhatikan siklus alam, kita dapat membantu menciptakan kondisi yang dibutuhkan lahan untuk pulih menjadi lahan yang subur.

Penyerahan Bibit Tanaman

Penyerahan Bibit Tanaman

Tak ada orang yang dapat memaksa lahan untuk menjadi produktif. Bahkan pupuk kimia hanya berfungsi beberapa saat sebelum tanah menjadi tidak produktif lagi. Namun bila kita memperhatikan siklus alam, kita dapat membantu menciptakan kondisi yang dibutuhkan lahan untuk pulih menjadi lahan yang subur. Namun karena seringnya Anggota Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI) melakukan pendekatan dan melakukan pemahahaman menganai pentingnya penanaman hutan, maka kegiatan pekmbibitan dan penanaman pohon di lahan-lahan tidur dan hutan gundul dapat berjalan dengan lancar.

Kata salah satu ketua organisasi Lingkungan SUBUR Bpk. darmono dalam kondisi yang tepat, penanaman pohon membantu memulihkan lahan yang rusak dan memberikan kayu bakar, kayu bangunan, bahan pangan untuk manusia dan khewan, serta obat-obatan. Penanaman pohon dapat membuat tanah yang tidak subur dan tandus menjadi gemuk dan subur kembali. Tetapi pohon yang ditanam pada kondisi yang sulit memerlukan pemeliharaan untuk dapat tumbuh baik. Penanaman pohon memang banyak manfaatnya, tapi tidak  lalu bermanfaat di semua daerah atau bagi semua warga masyarakat. Info email : yayasanganti@gmail.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: