RSS

Becak Tranfortasi Bebas Polusi Yang Tersingkir

08 May

image

Becak adalah tranfortasi roda tiga dengan muatan dua penumpang bagi masyarakat yang murah, cepat dan aman. Kenapa saya bilang aman? Sebab hampir tidak pemberitaan penumpang becak meninggal dunia jatuh dari becak. Yang banyak penumpang meninggal naik bis umum, naik ojek dan kerata api bahkan pesawat terbang.
Jadi becak adalah transfortasi yang paling aman dibandingkan yang lain. Namun posisi becak selalu terusir dimanapun berada. Becak meramaikan sebuah kota, namun jika kota sudah ramai makan siap2 becak akan diusir jauh jauh.

Seperti kejadian di bandung, becak akan terusir dari kota badung karena dituduh sebagai biang kemacetan di jalan raya.
Padahal yang membuat kemacetan menurut saya bukan becaknya, tetapi memang kendaraan pribadi roda empat yang hanya berpenumpang satu orang yang semakin menjamur sehingga menjadi biang kemacetan ditambah tidak memadainya jalur jalan yang semakin menyempit.
Seharusnya becak jangan diusir dari kota, sebab becak merupakan transfortasi yang bebas polusi dan menyehatkan. Ditengah gembar gembor mengenai hidup sehat bebas polusi dan hari bebas kendaraan bermotor (car free day) justru becak tersingkirkan. Seharusnya pemerintah membuat perda mengenai becak dengan syarat2 dan ketentuan yang lebih memihak kepada masyarakat kecil seperti tukang becak ini. Misal becak boleh beroperasi di jalan asalkan memenusi syarat2: Becak harua bernomor seri, becak harus bercat beraih dan rapi. Becak harus bergambar ciri khas kota. Becak harus bercat merah, kuning dsb, atau tukang becak wajib mentaati rambu2 lalulintas dan sebagainya. Dan jika melanggar resiko becak tidak boleh beroperasi lagi.
Saya yakin selalu ada solusi bagi rakyat kecil seperti para tukang becak dalam mengais rejeki.
Seandainya dimalingping ada becak tentu akan lain ceritanya. Sayang sekali di wilayah kecamatan malingping tidak ada becak. Semoga becak bisa masuk ke daerah kami kelak.

image

 
Leave a comment

Posted by on May 8, 2015 in Warga Malingping

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: