RSS

Malingping View

16 May

image

Sore tadi saya sempatkan jalan jalan ke malingping sebelum keberangkatan saya Jakarta. Sengaja saya luangkan waktu seharian untuk sekedar melihat lihat malingping dan mencoba dokumentasikan walingping ke dalam blog saya.

Saya jalan dari rumah menuju pantai Bagedur, pantai yang terdekat dengan malingping. Ternyata pantai bagedur hari ini lumayan banyak pengunjungnya, kemungkinan karena sedang hari libur tanggal merah. Tampak foto dibawah ini pemandangan pantai bagedur dengan tiga ekor angsa punya pemilik warung yang sedang mencari kepiting di tepi pantai.

image

Dari Pantai Bagedur saya berjalan menuju Pantai Wanasalam dan Pantai Binuangen.  Melihat pemandangan pantai wanasalam yang indah sampai tak terasa waktu cepat berlalu. Rasa kantuk menghantui karena angin sejuk berhembus sepoi sepoi menerpa di kerimbunan pohon kelapa yang berjajar sepanjang pantai.

image

Aktifitas para nelayan di dermaga Wanasalam pun ramai. Para nelayan bulan ini panen  level (rumpon)

image

Tampak anak anak nelayan sedang menunggu orang tuanya yang datang dari laut membawa hasil tangkapan ikan.

Dari Wanasalam Langsung meluncur ke arah binuangen. Karena dengar khabar di wilayah binuangen sedang banyak ikan hiu anakan. Perjalanan dari wanasalam ke binuangen cuma memakan waktu 15menit, melalui jalan aimage

spa

l.

Tak lama kemudian kebetulan ada nelayan yg sedang bersandar dengan membawa hasil tangkapan ikan. Ternyata benar ada salah satu nelayan yang pada jaringnya tersangkut anakan ikan hiu. Keberuntungan buatku. Tanpa ragu sayapun menawarnya karena memang ada niatan untuk mebuat minyak ikan hiu untuk di konsumsi sediri sebagai obat. Harga anakan ikan hiu di sisini cukup murah namun untuk mendapatkannya tidaimage

klah m

udah. Keberuntungan mendapatkan ikan hiu segar dan masih lincah berenang dengan harga 75.000 dengan berat 3.4kg.

Ikan hiu adalah salah satu ikan yag dilindungi, nelayan tidak pernah dengan sengaja untuk berburu ikan hiu, tetapi tidak jarang anakan ikan hiu tersangkut pada jaring.
Ikan saya masukan ember dan siap untuk di olah dan diambil minyaknya sebagai obat keluarga.

Dari Pantai binuangen saya juga sempatkan melihat sawah yang lokasi lumayan jauh. Kendaraantidak dapat masuk ke lokasi persawahan dan kita harus berjalan kaki menyusuri pematang sawah atau naik kendaraan roda dua. Jalan menuju persawahan sebenarnya ada, sengaja dibangun oleh pemda setempat guna mempermudah mengangkut hasil panen. Namun kondisi jalan rusak parah dan tidak ada perbaikan dari pemda setempat. Memang pertanian sepertinya selalu dianak tirikan, padahal hasil pertanian merupakan komoditas terbesar diwilayan malingping, selain perkebunan dan nelayan. Padahal jika jalan bagus akan mempermudah proses distribusiimage

hasil pe

rtanian.

Setiap petani untuk transfortasi menuju sawahnya rata2 mengunakan kendaraan roda dua. Hampir tiap petani sekarang pergi kesawah menggunakan motor. Jika musim panen dan musim bercocok tanam seperti sekarang ini, di sawah akan penuh berjejer kendaraan roda dua terparkir seimage

panjang pema

tang sawah.

Kebetulan sayapun sedang menebar benih padi untuk ditanam pada musim tanam bulan depan. Benih padi saya sekarang sudah berumur 5 hari sejak ditebar dan tampak sudah mulai tumbuh menghijau.
image

Memang sawah saya tidaklah luas seperti petani yang lain. Hanya cukup untuk makan sehari hari tanpa harus dipusingkan dengan melambungnya harga beras. Yg saya garap hanya 14 kotak sawah atau lebih kurang 1ha.

Tak terasa di jika disawah waktu cepat berlalu, tak terasa hari sudah sore, dan matahari sudah mulai istirahat di selatan. Saya pun sempatkan mengabadikan sang mentari yang akan bersembunyi di ufuk selatan sore ini sebelum pulang.
image

Malam menjelang, dan saya hatus sampai di rumah sebelum adzan magrib berkumandang.
Itulah tadi sekedar info mengenai malingping view hari ini.
Jika anda membutuhkan informasi mengenai malingping silahkan kontak melalui email ke wargamalingping@gmail.com atau pesan pada menu komentar.
Salam #bloger malingping #wargamalingping #suedipuro

 
Leave a comment

Posted by on May 16, 2015 in Warga Malingping

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: