RSS

Pertanian Organik Malingping

20 Nov

Hamparan Sawah Organik Malingping (2)

Malingping merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Jumlah Kecamatan Kabupaten Lebak Terdiri dari 28 Kecamatan, dan salah satunya adalah Kecamatan Malingping. Kecamatan Malingping merupakan kecamatan terbesar kedua, setelah kecamatan Rangkasbitung dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak.
Penghasilan utama dari Kecamatan Malingping adalah pertanian, pertambangan khususnya batu bara dan juga pariwisata, selain itu sumber daya laut yang ada juga sangat melimpah ruah. Luas Areal Pertanian Melingping dengan luas baku seluas : 3.615 Hektar.

Untuk itulah Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KBPN) berkeinginan mengembangkan sektor pertanian Organik di Kecamatan Malingping dengan menggunakan Pupuk Organik Herba Farm dan Bio Farm Produk dari PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara. Penanaman padi organik ini akan serentak dilaksanakan pada musim tanam tahun ini dengan luasan lahan padi organik kurang lebih 100 Hektar.

Penerapan sistem pertanian organik akan diterapkan petani di Kecamatan Malingping secara intensif seiring dengan peningkatan jumlah petani yang tertarik mengelola pertanian dengan menggunakan Pupuk Organik. Penerapan Pertanian Organik di Kecamatan Malingping yang diterapkan oleh Koperasi Pelestari Budaya Nusantara ini mendapat sambutan yang baik dari para petani dengan terbukti sudah hampir 250 petani yang tergabung ke dalam koperasi guna melaksanakan penanaman padi secara organik ini.

Kelompok tani Organik Malingping“Menurut Dede Hikmat.Spd selaku koordinator, sejak mendengar dari Supervisor Operasional (masdarsono) mengenai akan dilaksanakan penanaman padi organik menggunakan pupuk organik dari PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara, saya meneruskan ke beberapa petani dan ternyata para petani tertarik menggunakan pupuk organik akan akan beralih menggunakan pupuk organik ini. Sampai sekarang yang sudah terdaftar untuk menggunakan pupuk organik ini sudah hampir 250 Orang dengan luasan lahan kurang lebih 100Hektar lahan,” katanya.

Paparnya pertemuan pertama dihadiri oleh 30 orang tetangga kiri dan kanan yang memang mayoritas adalah para petani, dan selanjutnya terkumpul data lahan petani dengan cepat karena kitapun mengejar masa tanam yang sedudah semakin dekat, karena di wilayah malingping sudah mulai turun hujan.

Masih menurut Dede Hikmat.Spd, untuk menerangkan pupuk organik Herba Farm ini tidaklah terlalu sulit karena sudah banyak terbukti dan membuktikan akan kualitas pupuk organik ini, bahkan pupuk ini sudah di kirim ke beberapa negara tetangga untuk di aplikasikan di negara tetangga sana misalnya ke cina dan thailand. Dan kamipun yakin bahwa pupuk organik ini akan dapat menaikan hasil panen para petani di malingping khususnya para petani desa rahong ini, apalagi pupuk kimia semakin hari semakin langka dan mahal, dengan adanya pupuk oraganik Herba Farm ini sangat membantu kami semua disini, pungkasnya.

Bersama Gapoktan Organik Malingping

Bersama Gapoktan Organik Malingping dan Koperasi KPBN

FOTO SAWAHDalam hal penanaman padi organik menggunakan pupuk organik Herba Farm produksi dari Pt. Sidomuncul Pupuk Nusantara ini para petani akan mendapat bimbingan dan pelatihan dari Tim ahli pertanian Koperasi KBPN mulai dari proses pengolahan lahan, pembenihan, pola tanam, pengairan, penyemprotan hama penyakit dan masa panen. Pertemuan-pertemuan dengan para petani sudah sering dilakukan baik di rumah petani ataupun langsung ke lokasi lahan sawah para petani. Semoga dengan adanya pendampingan yang berkelanjutan seperti ini, tahun ini hasil pertanian di malingping terutama padi dengan pupuk organik akan berhasil dengan hasil yang maksimal, pada pada akhirnya akan menjadikan ikon bahwa malingping sebagai penghasil padi sehat dan menuju ke organik secara perlahan-lahan namun pasti.

Untuk Info mengenai Pupuk Organik Herba Farm produksi PT. Sidomuncul Pupuk Nunsatara silahkan kotak SMS  ke : 08121-810-6267 (sujatmo)

 

Bio Farm Sidomuncul1

 

 

Pupuk Herba Farm

Pupuk Herba Farm

 

One response to “Pertanian Organik Malingping

  1. mathew z f

    December 20, 2015 at 8:37 am

    Saya sangat apresiasi kpbn dan gapoktan yang secara mandiri.yang nantinya jadi soko guru ketahanan pangan.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: