RSS

Laporkan Distributor dan Pengecer Pupuk Nakal

23 Nov
Pupuk Sawah Malingping

Pupuk Sawah Malingping

Biasa terjadi di beberapa daerah, jika sudah musim tanam tiba, biasa akan terjadi kelangkaan pupuk, bahkan pupuk bersusidi juga seringkali hilang dari pasaran, Setelah kami melakukan penelusuran, hal seperti ini sudah tidak asing lagi dan hampir di setiap wilayah terjadi, dan penanganan mengenai kelangkaan pupuk selalu lambat bahkan terkesan hanya sebatas seremonial belaka.

Bahkan Presiden menuding permainan distributor nakal sebagai salah satu penyebab kelangkaan pupuk. Selain itu, di era pemerintahannya, Jokowi menghapus sistem tender pengadaan pupuk. Sebagai gantinya, dilakukan penunjukan langsung (PL). Kata dia, ada kelemahan dari sistem tender lantaran membutuhkan waktu hingga 40 hari, bahkan bisa molor sampai dua bulan. Akibatnya, saat musim tanam, pupuk justru menghilang. Sebaliknya, saat musim panen, banyak pupuk yang berdatangan. ”Problemnya karena proses lelang. Makanya, mulai saat ini pengadaan benih ataupun pupuk tidak perlu lelang, langsung penunjukan agar cepat.

Bahkan Beliau Mengatakan : ”Kalau ada distributor (pupuk) yang main-main, saya perintah Pak Kapolda mengambil orang itu. Kemarin kami sudah ambil (tangkap, Red) dua orang,” ancam Jokowi.

Kepala Dinas Prindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop)  melalui Kasie Pengawasan dan Perlindungan Konsumen dan Jasa meminta kepada para petani diwilayah Kabupaten setempat untuk segera melaporkan bila menemukan distributor dan pedagang yang menjual pupuk diatas Harga Eceran Tetap (HET) yang ditetapkan pemerintah, supaya pihaknya dapat menindak tegas sesuai ketentuan dan wewenangnya.

Semoga tahun ini tidak akan terjadi kelangkaan pupuk, terutama di wilayah kami di Malingping, Lebak Banten, dan petani bisa dengan tenang menggarap sawah tanpa takut tidak mendapatkan pupuk.

Jika anda melihat, mengetahui ada kelangkaan pupuk dan ada indikasi pupuk dipermainan oleh para tengkulak dan cukong silahkan anda mengirimkan Laporan ke www.LAPOR.GO.ID agar ditelusuri dan ditindaklanjuti laporan anda.

Lapor Malingping

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: