RSS

Daftar Petani Organik Malingping

18 Dec
Paguyuban Petani Organik Malingping

Paguyuban Petani Organik Malingping

Pertanian Organik Malingping. Pertanian organik adalah sistem produksi pertanian yang holistik dan terpadu, yang mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas agro-ekosistem secara alami, sehingga mampu menghasilkan pangan dan serat yang cukup, berkualitas, dan berkelanjutan.

Dalam prakteknya, pertanian organik dilakukan dengan cara, antara lain:

  • Menghindari penggunaan benih/bibit hasil rekayasa genetika (GMO = genetically modified organisms),
  • Menghindari penggunaan pestisida kimia sintetis. Pengendalian gulma, hama dan penyakit dilakukan dengan cara mekanis, biologis, dan rotasi tanaman.
  • Menghindari penggunaan zat pengatur tumbuh (growth regulator) dan pupuk kimia sintetis. Kesuburan dan produktivitas tanah ditingkatkan dan dipelihara dengan menambahkan residu tanaman, pupuk kandang, dan batuan mineral alami, serta penanaman legum dan rotasi tanaman.
  • Menghindari penggunaan hormon tumbuh dan bahan aditif sintetis dalam makanan ternak.

 

Pertanian organik merupakan jawaban atas revolusi hijau yang digalakkan pada tahun 1960-an dalam rangka peningkatan produksi pangan telah menyebabkan berkurangnya kesuburan tanah dan kerusakan lingkungan sebagai akibat penggunaan pupuk dan pestisida kimia yang kurang mempertimbangkan keseimbangan ekosistem. Eksploitasi lahan sawah secara intensif yang berlangsung secara terus menerus dan berlangsung bertahun-tahun telah mengakibatkan penurunan kesuburan dan sifat fisik maupun kimia tanah. Pemberian pupuk kimia (anorganik) secara terus menerus untuk mengejar tingkat produktivitas, tanpa diimbangi dengan upaya-upaya memperbaiki kondisi fisik tanah melalui penambahan bahan organik menyebabkan kandungan bahan organik tanah menurun, tanah menjadi kompak, kerusakan struktur tanah dan aerasi tanah berkurang yang mengakibatkan penurunan kemampuan tanah dalam menyimpan dan melepaskan hara dan air bagi tanaman sehingga mengurangi efisiensi penggunaan pupuk dan air irigasi, dan kondisi ini dikenal sebagai tanah sakit.

Pupuk Organik Sidomuncul Herba Farm

Pupuk Organik Herba Farm

Pertanian organik sebenarnya sudah sejak lama dikenal, sejak ilmu bercocok tanam dikenal manusia, dimana semuanya dilakukan secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alamiah. Pertanian organik modern didefinisikan sebagai sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintettis. Pertanian organik adalah sistem pertanian yang holistic yang mendukung dan mempercepat biodiversity, siklus biologi dan aktivitas biologi tanah. Filosofi pertanian organik sesungguhnya merupakan himbauan moral untuk berbuat kebajikan pada lingkungan sumberdaya alam dalam melakukan praktek pertanian.

Di Kecamatan Malingping, Kabupetan Lebak Banten, Para petani sebenarnya sudah mengetahui akan manfaat dari pertanian secara organik, namun mereka tidak melaksanakan sistem bertani secara organik karena berangapan terlalu ribet. Pertani ingin bertani secara instan namun hasil nya melimpah dengan cara menggunakan pupuk kimia bahkan kadang-kadang dengan cara yang berlebihan guna mengejar target hasil panen. Namun lambat laun para petani sadar akan pentingnya pertanian organik bagi keselerasan dan keseimbangan alam dan habitat sawah.

Dengan hadirnya Paguyuban Petani Organik dibawah naungan hukum Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN) di Malingping khsusnya desa Rahong mendapat sambutan positif para petani. Guna pelaksanaan pertanian Organik ini, Paguyuban Petani Organik menggunakan pupuk Organik dari PT. SIdomuncul Pupuk Nusantara dengan produk prupuk organik HERBA FARM.

Sampai Saat ini Paguyuban Petani Organik beranggotakan Lebih dari 500 orang, yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Petani Organik (Gapoktan Organik) yang ada wilayah Provinsi Banten, meliputi Kecamatan Malingping, Binuangen dan Kecamatan Panimbang.

Berikut Ini daftar Kelompok Tani Organik yang tergabung dalam paguyuban petani organik Malingping di bawah naungan Koperasi Pelestari Budaya Nusantara.

Daftar Petani Organik Malingping 1 Daftar Petani Organik Malingping 2 Daftar Petani Organik Malingping 3

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: